Cara Mudah Memperbaiki Atap Dak Yang Sering Bocor

Dak beton umumnya digunakan sebagai atap suatu bangunan yang tidak menggunakan genteng sebagai penutupnya. Selain itu, dak beton juga kerap dipakai sebagai alas talang air pada ujung atap, atau untuk kanopi pada atas jendela. Dak beton tak hanya dapat menciptakan pemandangan yang unik, indah dan rapi tapi juga dapat memberikan perlindungan maksimal dari hujan ataupun panas. Sayangnya akibat pembuatan yang kurang baik ataupun faktor usia, dak beton di rumah kita dapat bocor atau rembes saat musim hujan seperti sekarang. Rembesan air akan merusak cat dan meninggalkan noda di bagian bawah dak, hal ini tentunya akan merusak penampilan rumah Anda. Muncullah pertanyaan: "Bagaimana cara mengatasi dak beton bocor?" Sebelum masuk ke bahasan mengatasi dak yang bocor, terlebih dahulu kita ketahui penyebab kebocoran di dak beton yang umum terjadi. Hal ini penting sekali diketahui agar penanganannya nanti lebih tepat, karena dalam hal menangani kasus kebocoran pada dak beton ini memang gampang-gampang susah, sehingga perlu keahlian dan ketelitian dalam pengerjaanya.

Penyebab Bocor pada Atap Dak Beton
> Dak beton mengalami perubahan suhu yang cukup signifikan. Pada siiang hari yang sangat panas dan malam hari yang bersuhu dingin tentu akan membuat retakan pada permukaan dak beton.
> Tidak pernah dilakukan perawatan Curing Compound (membuat genangan air di atas beton) beberapa hari setelah proses cor selesai. Padahal jika proses ini tidak dilakukan maka semen kurang rekat dan memungkinkan adanya celah retakan kecil.
> Lapisan kedap air di beton yang kurang baik, meski sudah memakai sistem waterproofing, akan tetapi beton masih menyerap air. Saat hujan deras bisa saja terjadi bocor di dak beton tersebut.
> Dak beton kurang tebal, standarnya sebuah dak beton untuk atap memiliki ketebalan 7-10 cm, dan dak beton untuk lantai memiliki ketebalan 12-15cm. Beton yang terlalu tipis akan membuatnya cepat rusak sehingga air dapat merembes.
> Terjadi pergerakan, baik itu pada pondasi ataupun struktur bangunan itu sendiri. Hal ini memunculkan retakan yang nantinya menyebabkan kebocoran di dak beton Anda.

Mungkin itulah beberapa penyebab kebocoran di dak beton, manakah yang terjadi di rumah Anda? Selanjutnya kita langsung mengatasi dak bocor yang terjadi.

Cara Mengatasi Atap Dak Beton yang Bocor
Persiapan :
> Semen dan perlengkapannya
> Waterproof
> Kuas
> Sikat
> Cat
> Mesin pemotong keramik, ataupun alat congkel lainnya

Langkah Menambal Dak Beton yang Bocor
1. Carilah letak retak yang menjadi biang dak bocor. Caranya dengan menandai rembesan air yang terjadi di bagian bawah dak dan perkirakan dimana letak retakan yang ada di bagian atas.
2. Setelah ketemu sumber kebocoran,
Retak besar > Biasanya retakan besar akan ditumbuhi lumut ataupun jamur. Pertama-tama bersihkan dulu dengan sikat.
Retak kecil > Untuk retakan kecil sebaiknya Anda membuat celah yang lebih lebar agar adonan semen nantinya lebih rekat.
3. Buatlah lubang lebar 2 cm dari sisi retakan dengan menggunakan mesin pemotong keramik ataupun alat lainnya.
4. Pastikan celah retakan bersih lalu basahi dengan air, agar adonan semen baru bisa menyatu dengan semen di dak yang sudah kering.
5. Masukan adonan semen ke dalam retakan, pastikan semua celah tertutupi dengan padat dan baik.
6. Kuaskan waterproof merata di permukaan tambalan semen tadi.
7. Berikan lapisan cat di atas waterproof agar warnanya lebih cantik.
8. Tunggu semuanya kering dan selamat dak beton yang bocor di rumah Anda sudah teratasi.
9. Mungkin akibat kebocoran yang terjadi sebelumnya menyebabkan timbulnya noda/ jamur di plafon dak bagian bawah. Anda perlu menyikat bagian tersebut sampai bersih lalu memberinya cat senada dengan warna sekitarnya.

Saran :
1. Apabila saat ini Anda sedang dalam proses membangun rumah, maka alangkah baiknya jika Anda ikut mengawasi dan memastikan konstruksi rumah Anda agar meminimalisir munculnya masalah perawatan di kemudian hari.
2. Apabila Anda masih merasa awam dalam dunia konstruksi bangunan, jangan pernah mencoba berkesperimen tanpa didasari ilmu teori dan pengalamannya prakteknya. Sebaiknya langsung serahkan kepada ahli, daripada terus bereksperimen hingga mengeluarkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak tepat sasaran, yang akhirnya akan menjadi sia-sia.
3. Silahkan hubungi tim Aligne Indonesia untuk membantu menyelesaikan segala permasalahan pada bangunan rumah Anda.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Memperbaiki Atap Dak Yang Sering Bocor. Semoga bermanfaat.