Cat Dinding Oplosan, Murah Untuk Anda Yang Low Budget

Musim hujan telah tiba, kita tentu bergembira, karena hujan adalah rizki, dan air adalah sumber kehidupan. Akan tetapi masalahnya, iklim bumi yang sudah tak seimbang, menyebabkan musim hujan yang terus menerus, dan kandungan racun asam air hujan yang semakin meninggi karena disebabkan oleh polusi di udara, tak sedikit membuat setiap benda yang ditetesinya akan cepat berkarat, mau itu baja, besi, kaleng, hingga dinding rumah Kita. Sebagus apapun pengecatannya, semahal apapun merek cat nya, tetap saja kalau kita telat atau ogah-ogahan dalam perawatan, maka dinding kita akan cepat kusam megelupas.
Bagi sebagian orang yang banyak uang, mungkin hal tersebut bukan masalah besar. Tinggal panggil tukang dan beli cat super, maka dalam sekejap masalah itu teratasi.Tapi bagaimana dengan Kita yang memiliki anggaran minim? Jangankan untuk ngecat rumah, untuk keperluan sehari-hari saja kadang suka keteteran. Maka dari itu, Aligne Indonesia memiliki tips bagi yang ingin berhemat dalam perawatan rumah, khsusnya dalam hal mengecat dinding yang kusam.

Berikut adalah langkah-langkah membuat cat oplosan untuk dinding :
1. Beli cat dinding / cat tembok yang harganya murah. Warna dan merek itu silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Tidak perlu dengan merek yang mahal, karena tujuan Kita di sini adalah meracik cat murah, maka silahkan Anda membeli cat kiloan juga bisa. Banyak tersedia di toko cat atau toko material di Kota Anda.
2. Beli juga Lem kayu (Lem putih). Banyaknya disesuaikan dengan volume cat yang akan kita olah. Misal, kita akan mengolah cat sebanyak 5kg, maka kita perlu memmbeli Lem kayu sebanyak 2-3kg.
3. Ember atau wadah apapun untuk mencampur cat.
4. Alat pengaduk. Terserah mau memakai alat apa, asal jangan menggunakan tangan langsung, karena akan susah dibersihkan.

Untuk langkah pengerjaan mencampur atau membuat oplosannya sebagai berikut:
1. Cairkan lem kayu dengan air secukupnya, dan aduk sampai lem mencair.
2. Tuangkan kedalam Cat dinding yang sudah dituangkan ke ember atau wadah secara sedikit demi sedikit sambil diaduk secara merata.
3. Nah sekarang cat dinding siap digunakan.
Catatan: Pastikan adukan lem dibuat encer dan bisa menyatu dengan cat, karena bila kurang merata, maka akan membuat dinding kita tidak rata, alias banyak bintik-bintik akibat lem yang kurang encer.

Mari kita menuju tahap pengecatannya!
Sebelum dimulai, siapkan dulu bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk pengecatan, seperti,
- Cat dinding hasil Oplosan / campuran tadi.
- Kertas koran dan lakban untuk penutup bagian yang tidak mau terkena cat.
- Spons dan detergent pembersih.
- Kuas cat ukuran 3 “ dan Roller Cat.
- Ember atau wadah untuk tempat cat.
- Alat pengaduk ini terserah Anda mau menggunakan apa.

Langkah untuk pengecatan temboknya sebagai berikut :
Pertama
Bersihkan tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Membersihkan kotoran, debu, minyak, atau noda di dinding sehingga hasil maksimal bisa Anda dapatkan, karena kalau tidak dibersihkan nanti malah terkelupas cat lamanya atau hasilnya tidak maksimal. Untuk membersihkan dinding, bisa menggunakan spons yang sedikit dibasahkan campuran air dan deterjen. Kalau ada noda yang agak sulit , Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu agak kasar.
Kedua
Lindungi permukaan bingkai jendela , Pintu dan bagian bawah dinding dekat lantai dengan menggunakan kertas koran bekas dengan ditempel memakai lakban. Ini gunanya adalah ketika pengecatan selesai Anda bisa dengan mudah mengelupaskan kertas koran atau lakban yang ditempel, tanpa meninggalkan noda cat di mana-mana.
Ketiga
Gosok dinding dengan Ampelas untuk menghilangkan warna yang telah dicat sebelumnya untuk mendapatkan hasil warna dinding yang rata.
Keempat
Mulailah pengecatan dari sudut pertemuan dinding dengan menggunakan kuas. Anda mulai dari atas sampai dengan bawah dinding, atau sebaliknya. Dan untuk area-area yang sulit dijangkau dengan Roller, silahkan gunakan kuas juga.
Kelima
Untuk melakukan pengecatan di area dinding yang luas, gunakan Roller agar pengerjaan lebih cepat dan merata.
Keenam
Lepaskan lakban dan kertas koran yang melindungi dinding dekat bingkai jendela atau kusen, kemudian lakukan pengecatan dengan menggunakan kuas ukuran 3". Cat perlahan dan hati-hati supaya tidak mencoreng kayu kusen.
Ketujuh
Ambil segelas air kopi, dan cemilan jika Ada. Untuk digunakan oleh Anda ngopi sambil beristirahat. Setelah itu jangan lupa bersihkan kembali Alat-alat pengecatan agar bisa dipergunakan di kemudian hari.

CATATAN!
1. Cat hasil racikan ini hanya bisa digunakan sekali pakai! Artinya, jika Anda mengecat dengan cat racikan ini, maka jangan sampai ada sisa, karena cat sisa yang didiamkan akan cepat mengering dan tidak bisa lagi digunakan. Maka dari itu, pastikan berapa banyak kebutuhan cat Anda sebelum asal mengolah, agar lebih hemat.
2. Kami tetap sangat menganjurkan Anda untuk memakai cat yang sudah bermerek dengan kualitas baik.
3. Silahkan hubungi tim Aligne Indonesia untuk membantu menyelesaikan segala permasalahan pada bangunan rumah Anda.

Demikian artikel Cat Dinding Oplosan, Murah Untuk Anda Yang Low Budget. Semoga bermanfaat.