Keuntungan Memakai Jasa Arsitek Dan Kontraktor Dari Tim Yang Sama

Banyak sekali masyarakat awam yang tidak bisa membedakan Arsitek dengan Kontraktor. Padahal secara umum, meski keduanya berada pada ruang lingkup yang sama, tetapi proses dan hasil pekerjaannya jelas berbeda.
Arsitek secara sederhana dapat diartikan sebagai orang yang bekerja pada bidang ilmu desain dan perencana bangunan, sedangkan Kontraktor adalah pelaksana pekerjaan pembangunan yang telah direncanakan oleh Arsitek. Meski keduanya berada pada ruang lingkup pekerjaan yang sama, yaitu dunia Desain dan Konstruksi, akan tetapi ranah kerja mereka jelas berbeda, dan produk yang dihasilkanpun tentu berbeda. Arsitek hanya sebatas menghasilkan produk Desain berupa Gambar dan Dokumen Perencanaan seperti DED, RAB, dan RKS, dan tidak sampai pada tahap meghasilkan produk bangunan secara fisik, karena untuk pekerjaan yang menghasilkan produk bangunan fisik tersebut adalah bagian daripada tugas Kontraktor sebagai Pelaksana, dan Kontraktor umumnya tidak mengeluarkan Produk Desain Perencanaan sebagaimana yang dihasilkan oleh Arsitek yang memang bertugas sebagai Perencana.

Jika demikian, seandainya nanti Anda ingin membangun rumah, harus memilih Kontraktor atau Arsitek?

Jawabannya tentu sangat sederhana. Pertama Anda harus memastikan dulu, apakah rumah yang akan Anda bangun itu sudah memiliki desain gambarnya atau belum?

Jika belum, maka sebaiknya Anda menghubungi Arsitek terlebih dahulu, karena dengan menggunakan jasa Arsitek, jelas akan membantu Anda dalam merencanakan Rumah yang baik dan ideal. Karena tugas Arsitek adalah bukan hanya sebatas menentukan Desain, tapi juga merencanakan pemanfaatan rumah sebaik dan seefisien mungkin yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda sebagai penghuni rumah. Baru setelah Anda memiliki desain, silahkan hubungi Kontraktor untuk melaksanakan pembangunannya.

Tapi masalahnya, jika idealnya begitu, pasti kemudian Anda bertanya-tanya, seandainya Anda menggunakan Arsitek dan Kontraktor, pasti biayanya akan mahal. Karena Anda tentunya harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar Jasa Arsitek?

Secara umum, jawaban dari pertanyaan itu adalah 'YA', bahwa Anda harus mengeluarkan biaya double untuk membayar Jasa Arsitek, diluar anggaran biaya pembangunan rumah Anda.

Lalu adakah solusi lain? Agar Anda bisa mendapatkan Desain sekaligus Pembangunannya, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan lagi?

Jawabannya juga adalah 'YA', sangat bisa.
Kita ketahui bersama bahwa sekarang ini memang sudah banyak Jasa Arsitek atau Kontraktor yang menawarkan produk dan jasanya berupa Rancang Bangun, atau yang lebih dikenal dengan istilah 'Design and Build.' Di mana si Penyedia Jasa, baik itu Arsitek ataupun Kontraktor, akan memberikan produk Desain sekaligus Pembangunannya, tanpa menambahkan biaya untuk Jasa Desain nya.
Dengan begitu jelas sekali, Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek dan Kontraktor Dari Tim Yang Sama akan membuat Anda lebih berhemat dari segi biaya, serta lebih menjamin Anda untuk mendapatkan produk pekerjaan yang berkualitas dan sesuai dengan perencanaan.

Nah, bagaimana sekarang? Anda sudah sedikit lega mendapat informasi ini?

Tapi, di mana Kita bisa menemukan Penyedia Jasa rancang Bangun tersebut?

Ya, dari sekian banyak penyedia jasa Rancang Bangun di Indonesia, Aligne Indonesia adalah salah satunya, yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik sebagai Mitra Anda dalam merencanakan dan membangun Rumah Impian Anda.

Lalu apa saja keuntungan memakai jasa Rancang Bangun dari Tim Aligne Indonesia ini?

Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan diantaranya adalah :

1. Hemat Biaya.
Karena Aligne Indonesia akan menghilangkan biaya tambahan untuk produk Desain. Dengan kata lain, Jasa Arsitek Aligne Indonesia tidak perlu Anda bayar lagi, jadi Anda hanya akan dikenakan biaya pembangunan saja sesuai dengan RAB.

2. Didukung oleh Tim Arsitek Profesional.
Aligne Indonesia memiliki banyak Tim Arsitek Berpengalaman yang akan membantu Anda merancang rumah Anda sesuai dengan keinginan Anda. Membantu menghitungkan kebutuhan Anggaran Pembangunan yang seefisien mungkin, serta membantu memberikan Desain terbaik dengan tidak menghilangkan unsur fungsi dan kaidah-kaidah bangunan yang seharusnya.

3. Kualitas Lebih Terjamin.
Hal ini jelas menjadi tujuan Aligne Indonesia. Karena apabila Tim Aligne Indonesia yang merancang, sekaligus Tim Aligne Indonesia juga yang membangunnya, maka kekhawatiran Anda akan kualitas pembangunan bisa sedikit dihilangkan. Pasalnya, Aligne Indonesia akan senantiasa mengerjakan pembangunan dengan sebaik mungkin, agar bisa menghasilan produk pekerjaan dengan kualitas terbaik, sebagai cara menjaga reputasi daripada Aligne Indonesia itu sendiri dalam menjalankan pekerjaan di bidang ini.

4. Hasil Pekerjaan Akan Sama Dengan Desain Yang Direncanakan.
Kadang, desain yang sudah dibuat Arsitek, belum tentu bisa 100% dilaksanakan di lapangan. Hal ini dikarenakan banyak faktor lapangan yang menjadi kendala. Dan ketika itu terjadi, Tim Arsitek harus instens berkoordinasi dengan Tim Kontraktor agar menghasilkan solusi desain alternatif yang tetap mengacu kepada rencana desain awal.
Dan tentunya, jika Anda menggunakan Tim Arsitek dan Kontraktor dari Aligne Indonesia, hal ini tidak akan menjadi masalah, karena berada dalam satu Tim, maka segala hal yang terjadi di lapangan akan cepat ditangani, agar tidak terjadi perubahan di lapangan, sehingga hasil pekerjaan akan tetap sama sesuai dengan desain yang telah direncanakan.

Dan tentunya masih banyak lagi keuntungan lainnya dengan menggunakan jasa Aligne Indonesia ini.
Untuk info selengkapnya bisa baca pada artikel ini >>> KLIK DI SINI.

Lalu, apa kerugiannya jika Anda menggunakan Jasa Arsitek dan Kontraktor dari Tim yang berbeda?

Yang pertama, jelas dari segi biaya akan lebih mahal karena Anda harus membayar lagi jasa Arsitek, diluar anggaran RAB Pembangunan.

Kedua, jika Anda menggunakan jasa Arsitek dan Kontraktor dari Tim yang berbeda, umumnya mereka akan bekerja secara masing-masing. Hal ini tidak akan jadi masalah jika komunikasi keduanya intens, khususnya saat proses pembangunan berlangsung, si Arsitek bersedia untuk mengawasi secara penuh agar sesuai dengan yang telah direncanakan.
Akan tetapi, jangan sampai jika suatu hari baik dalam proses pembangunan, atau setelah pekerjaan selesai, lalu terjadi masalah pada bangunan Anda, maka Anda akan dipusingkan dengan siapa yang harus Anda mintai pertanggung jawaban. Apakah Arsitek sebagai perencana, atau Kontraktor sebagai pelaksana? Meski dalam Kontrak Kerja sudah dijelaskan mengenai hal-hal itu, akan tetapi fakta di lapangan kadang berbeda.
Beruntung jika keduanya mau kooperaif dan mencari jalan tengah tanpa saling menyalahkan. Tetapi kalau yang terjadi adalah keduanya sama-sama tidak mau disalahkan, malah cenderung saling menyalahkan. Maka kalau sudah begitu, Anda sendiri yang akan rugi bukan?
Lain halnya jika Anda menggunakan Arsitek dan Kontraktor dari Tim yang sama, maka ketika terjadi masalah, akan sangat mudah untuk diselesaikan, karena yang terlibat hanya antara Anda sebagai owner, dan mereka sebagai Penyedia Jasa.

Ketiga, jika Anda menggunakan Arsitek dan Kontraktor dari tim yang berbeda, maka perlu dipertegas masalah pengawasan pada saat proses pembangunan. Karena sebagaimana yang dijelaskan sebelunya, kadang desain yang sudah dibuat Arsitek, belum tentu bisa 100% dilaksanakan di lapangan. Hal ini dikarenakan banyak faktor lapangan yang menjadi kendala. Dan ketika itu terjadi, Tim Arsitek harus instens berkoordinasi dengan Tim Kontraktor agar menghasilkan solusi desain alternatif yang tetap mengacu kepada rencana desain awal.
Akan tetapi jika Arsitek dan Kontraktor jarang bertemu, maka proses pembangunan akan terhambat dan memperpanjang waktu. Dan karena Kontraktor dikejar waktu, maka biasanya Kontraktor langsung berinisiatif sendiri untuk menentukan alternatifnya tanpa meminta pertimbangan dari Arsitek. Hal inilah yang banyak menyebabkan Desain Akhir dari hasil pekerjaan kadang melenceng dari Desain Awal yang direncanakan.

Nah, sekarang sudah jelas bukan? Kenapa Anda lebih disarankan untuk memilih Jasa Arsitek dan Kontraktor dari Tim yang sama?

Dan jika saat ini Anda sedang membutuhkan Jasa Rancang Bangun untuk proyek Anda, maka segera hubungi Aligne Indonesia, dan dapatkan berbagai keunggulan dari jasa Kami.

Sekian artikel tentang Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek dan Kontraktor Dari Tim Yang Sama, semoga bermanfaat.