Tips Memilih Penyedia Jasa Desain Interior

Para pembaca setia blog Aligne Indonesia, seperti yang telah kita ketahui pada umumnya, kebutuhan akan rumah modern dengan dilengkapi fasilitas dan furniture di dalamnya, tentulah sudah menjadi kebutuhan umum di bebeapa kalangan masyarakat Indonesia. Maka dalam artikel kali ini tiada salahnya kita akan membahas mengenai Tips Memilih Penyedia Jasa Desain Interior, agar menjadi bahan referensi bagi Anda yang kini tengah berencana untuk menata interior rumah Anda.

Seiring dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat Indonesia dalam hal kebutuhan rumah tinggal berikut dengan fasilitas interior nya, maka marak pula pengusaha-pengusaha yang bergerak di bidang desain untuk memberikan jasa dalam melayani kebutuhan tersebut. Mulai dari yang kelas menengah dengan tarif relatif murah, sampai kepada kelas elite dengan tarif yang super mewah.

Lalu bagaimana dengan maraknya Penyedia Jasa Desain Interior yang murah? Bahkan di iklan mereka sampai mencantumkan harga 1,5 Juta per meter untuk sebuah Kitchen Set? Padahal ada juga yang sampai memberikan tarif 3 juta per meter? Lalu apa bedanya?

Penjelasan berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan Jasa Desain Interior agar tidak keliru dalam menentukan memakai Penyedia Jasa yang mana.

Mahal atau tidaknya sebuah furniture tergantung pada 2 hal ini :
1. Jenis Bahan dan Merek yang digunakan
2. Kelengkapan Aksesoris yang diberikan


Contoh Perbandingan Pada Pembuatan Sebuah Kitchen Set:

Mengenai Perbedaan Jenis Bahan dan Merek
Penyedia Jasa Desain Interior A, yang mematok harga murah, mungkin saja bahwa produk kayu yang mereka gunakan hanya memakai bahan dasar teakblock atau MDF dengan finishing lapisan HPL kualitas standar. Kemudian lapisan atas meja menggunakan bahan marmer atau granit kualitas standar. Sementara Penyedia Jasa Desain Interior B, dengan harga lebih mahal, mungkin karena mereka menggunakan produk kayu berkualitas, seperti kayu solid, atau minimal menggunakan bahan multiplek dengan ketebalan minimal 1,8cm, dengan finishing lapisan HPL berkualitas baik, atau bahkan dengan finishing cat duco. Sedangkan untuk lapisan atas meja menggunakan granit kualitas super, atau bahkan menggunakan solid surface yang relatif lebih mahal.

Mengenai Aksesoris yang Diberikan
Penyedia Jasa Desain Interior A, yang mematok harga murah, mungkin saja tidak banyak memberikan aksesoris tambahan seperti lampu-lampu, rak piring, serta pengait dinding yang umum dipakai pada sebuah Kitchen Set. Bilapun memberikan, biasanya hanya seadanya. Dan kalau ingin lengkap, biasanya diminta biaya tambahan, meski tidak besar dan disesuaikan dengan jenis barang yang akan ditambahkan. Sementara Penyedia Jasa Desain Interior B, dengan harga lebih mahal, bisa jadi harga itu sudah termasuk dengan biaya aksesoris lengkap, dengan lampu-lampu, rak piring, pengait dinding, dan lainnya, meski tetap Anda harus melihat dan memastikan lagi apakah hal-hal itu sudah tertuang dalam kontrak RAB atau tidak. Jika tidak, silahkan ditanyakan kepada Penyedia Jasa mengenai aksesoris yang dimaksud, agar Anda tidak kecewa.

Perlu Diketahui :
Mahal atau tidaknya sebuah Kitchen Set tergantung juga dari Merek Aksesoris khusus yang diaplikasikan pada Kitchen Set tersebut, seperti Sink dan Faucet, alat-alat kelistrikan, atau aksesoris-aksesoris tambahan lainnya. Hal ini bersifat opsional. Anda sebagai owner bebas memilih Merek mana yang ingin Anda pakai, asalkan siap dengan biaya tambahan nya.

Nah, apakah sekarang Anda sudah bisa menentukan kira-kira seperti apa furniture yang Anda inginkan dan berapa budget yang harus Anda siapkan? Maka, sebelum anda terlanjur senang dengan biaya murah nya, pastikan dulu bahan apa saja yang akan anda dapatkan dengan biaya tersebut. Sukur-sukur Anda bisa mendapatkan kualitas setara Desain Interior B, tapi dengan harga Desain Interior A.

Terakhir, selain masalah harga yang dijadikan pertimbangan, perhatikan pula masalah jaminan pekerjaan yang ditawarkan oleh Penyedia Jasa. Sepertihalnya contoh-contoh produk dari Proyek yang pernah dikerjakan oleh si Penyedia Jasa sebagai gambaran terhadap produk yang akan Anda terima. Serta perlu diperhatikan masalah jaminan pekerjaan (Garansi) setelah produk diserahkan. Bukan bermaksud untuk rewel, tapi Anda sebagai owner wajib teliti agar tidak kecewa di kemudian hari. Dan biasakan memakai surat Kontrak Kerja antara Anda dengan si Penyedia Jasa sebelum memulai pekerjaan, agar bisa saling menjaga dari hal-hal yang bisa merugikan salah satu pihak.

Jadi, apakah Anda masih bingung memilih Penyedia Jasa Desain Interior yang mana? Setidaknya sekarang Anda sudah memiliki gambaran, maka jangan lupa untuk menghubungi Aligne Indonesia, karena Kami hadir untuk menjadi mitra Anda dalam mewujudkan mimpi menuju kehidupan yang lebih baik. Dan tentunya visi Kami adalah membantu mewujudkan mimpi semua orang dari semua kalangan, yang memiliki mimpi yang sama, yaitu memiliki rumah yang nyaman untuk Anda dan Keluarga.

Demikian artikel Tips Memilih Penyedia Jasa Desain Interior, semoga bermanfaat.
Baca juga artikel menarik yang membahas fakta tentang Biaya Desain Interior dalam artikel 'Desain Interior Itu Mahal? Mitos Atau Fakta?'