PROSES PEKERJAAN DESAIN RUMAH / GEDUNG

Berikut ini Kami jelaskan bagaimana proses dan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pekerjaan Desain Rumah / Gedung, bersama Tim Aligne


TAHAP #1
IDENTIFIKASI & SURVEY LOKASI

Pada tahap ini, Tim Kami akan berdiskusi dengan Anda (Owner) mengenai maksud dan tujuan, sekaligus mengidentifikasi segala kebutuhan Anda (Sepertihalnya: Konsep Desain, Kebutuhan Ruang, Kebutuhan-kebutuhan Khusus, dan Ketentuan lainnya yang dikehendaki oleh Anda sebagai Owner), lalu bersama-sama melakukan survey ke lokasi yang akan dijadikan lahan pembangunan, untuk dilakukan pengukuran lahan, serta menganalisis dan mengidentifikasi masalah dan solusi terkait kondisi eksisting lahan tersebut, serta menentukan sejauh mana konsep desain yang direncanakan bisa diaplikasikan pada lahan yang ada.


TAHAP #2
TANDATANGAN KONTRAK

Setelah Tahap #1 selesai, maka Tim Kami akan melakukan kesepakatan kerja dengan Anda yang dituangkan dalam dokumen Kontrak Kerja. Dalam kontrak tersebut, sekurang-kurangnya akan dijelaskan mengenai Lingkup Pekerjaan, Jadwal Waktu Pelaksanaan, Output Produk yang Dikeluarkan, Biaya Pekerjaan, serta Cara Pembayaran. 


TAHAP #3
PRELIMINARY DESAIN

Tahap selanjutnya, Tim Kami akan segera membuatkan desain awal sebagai gambaran umum perencanaan. Adapun produk yang Kami keluarkan pada tahap ini berupa : Denah dan Tampak Bangunan dalam bentuk Visual 3D.


TAHAP #4
ASISTENSI

Setelah Desain Prelim selesai Kami buat, selanjutnya akan Kami asistensikan untuk mendapatkan persetujuan Anda, khususnya mengenai Denah Ruang dan Desain Bangunan (Tampak Eskterior). Dan apabila Anda merasa masih ada yang kurang sesuai, maka Desain Prelim akan Kami revisi sampai benar-benar sesuai keinginan Anda. Dan dalam proses revisi ini, Kami tentunya tidak membatasi berapa kali revisi. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman Kami, proses revisi Desain Prelim ini biasanya tidak lebih dari 1-3 Kali.


TAHAP #5
GAMBAR DETAIL & RAB

Setelah Desain Prelim disetujui, selanjutnya Kami akan membuat Gambar Detail atau DED (Detail Engineering Design) sebagai produk gambar yang kemudian akan dijadikan Gambar Kerja pada tahap pelaksanaan konstruksi. Selain gambar kerja, dalam tahap ini juga, produk RAB (Rencana Anggaran Biaya) akan Kami buat, sehingga pada tahap ini, Anda sudah bisa mengetahui berapa biaya pembangunan yang akan Anda butuhkan nantinya.


TAHAP #6
ASISTENSI

Setelah pembuatan gambar DED dan RAB selesai, selanjutnya akan Kami asistensikan untuk mendapatkan persetujuan Anda, khususnya mengenai produk RAB (Rencana Anggaran Biaya). Apabila Anda merasa masih ada yang kurang sesuai, maka baik DED maupun RAB akan Kami revisi sampai benar-benar sesuai keinginan Anda. Dan dalam proses revisi ini, Kami tentunya tidak membatasi berapa kali revisi. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman Kami, proses revisi DED & RAB ini biasanya tidak lebih dari 1 Kali.


TAHAP #7
SERAH TERIMA PEKERJAAN

Setelah semua proses revisi selesai dan disetujui, maka semua Produk Pekerjaan (DED, RAB, 3D) akan kami dokumentasikan dalam bentuk Softcopy (File PDF) dan Hardcopy (Cetak), untuk kemudian diserahkan kepada Anda. Maka dengan begitu, pekerjaan dinyatakan selesai.


CATATAN :
Bagi Anda yang menghendaki Pelaksanaan Pembangunannya oleh Tim Kami juga, maka Kami akan selalu MENGGRATISKAN biaya Desain. Selama dalam Kontrak Kerja di awal sudah dijelaskan bahwa lingkup pekerjaan adalah termasuk Desain dan Pembangunan (Design & Build).

Masih ada pertanyaan? Silahkan KLIK DI SINI!


Baca Juga :